Merdeka Belajar adalah sebuah program yang digagas oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, bapak Nadiem Anwar Makarim sebagai upaya mewujudkan kemerdekaan dalam belajar.

  Dikatakan merdeka dalam belajar artinya Siswa/Mahasiswa 

memiliki kebebasan untuk berpikir dan berekspresi


Program apa saja yang ada di Merdeka Belajar?

Mulai dari program magang, pertukaran pelajar, asisten mengajar di satuan pendidikan, penelitian atau riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi atau proyek independen, hingga membangun desa (Kuliah Kerja Nyata Tematik)


Sejalan dengan itu, program magang di Sulsel, melalui program Merdera Belajar telah berhasil mendampingi UMKM di beberapa kabupaten, Yakni Gowa, Takalar, Jeneponto, Bulukumba dan Sinjai.


Dengan mendampingi 10 Mahasiswa sebagai fasilitator pendamping di Batch 5 tahun 2023 dan 10 Mahasiswa di Batch 6 tahun 2024 berhasil membawa perubahan dan kemajuan bagi pelaku UMKM,.


Dampingan sebagai mentor di amanahkan oleh BTPN Syarah melalui semut Nusantara 

Berikut Deskripsi Programnya : 

Program kemitraan antara pihak Universitas dan BTPN Syariah dalam melakukan program pemberdayaan, khususnya kepada nasabah inklusi BTPN Syariah untuk merekrut mahasiswa untuk melakukan pendampingan dalam peningkatan kapasitas pengetahuan dan keterampilan nasabah melalui Bestee Platform.


Bestee adalah one stop digital learning yang memberikan akses kepada nasabah BTPN Syariah untuk dapat mengakses materi pelatihan serta memberikan kesempatan bagi para kontributor untuk berpartisipasi aktif dalam mendampingi nasabah UMKM


                                 Mari Bersama - sama memajukan UMKM kita




0 Komentar