RUMAH KORAN

PENDIDIKAN


Pemberian  Laporan Pendidikan kepada Siswa SDN KANREAPIA, dilaksanakan pada tgl 17/06/2017, dirangkaikan dengan ramah tamah dan sosialisasi program unggulan pemda Gowa.

Siswa - Siswi tersebut juga merupakan anak didik dari Rumah Koran.

Penerimaan laporan pendidikan bagi siswa merupakan suatu momentum untuk bermuhasabah/ mengevaluasi diri:

1.   Bagi siswa, sejauh mana kemajuan dan pencapaian kompetensi, apakah sdh mencapai KKM, atau belum, atau mungkin sdh melampaui KKM.

2. Bagi orang tua, mengetahui sejauh mana kompetensi dan prestasi anaknya, untuk ditindak lanjuti dengan memberikan bimbingan dan perhatian kpd anakx di rumah, minimal mengingatkan anaknya supaya belajar di rumah.

3. Bagi guru, merupakan evaluasi diri, apakah pelaksanaan pembelajaran selama ini sudah efektif dan efisien, apakah sdh menerapkan pembelajaran Pakem yang berkualitas, Apakah semua indikator indikator sudah tercapai atau belum, apakah semua siswa sdh menuntas semua kompetensi yang dipersyratkan untuk dicapai atau belum.

Sebagai bentuk apresiasi dan  motivasi siswa yang berprestasi diberikan penghargaan dan hadiah oleh guru kelasx.

Untuk kelas 5B, semua siswa berprestasi didominasi oleh siswa yang berasal dari dusun Hala halaya.

Bapak Kepala Sekolah SDN Kanreapia juga kembali mengingatkan kepada siswa dan seluruh orang tua siswa akan program program unggulan Pemda Gowa, diantarax:

1. Pendidikan Gratis, bebas dari pungutan dan pembayaran dlm bentuk apapun.

2. SKTB, Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan, yang tidak mengenal tinggal kelas, tapi yang berlaku adalah tuntas dan tidak tuntas.

3. Imtaq Indonesia, untuk siswa kelas 1 dan 2, pembelajaran dengan permainan yang merangsang perkembangan fisik, psikis dan motorik anak supaya dpt berkembang secara maksimal.

5. Gowa Kabupaten Pendidikan(GKP)

Adapun Konsep atau prinsip yang di terapkan oleh Kepala Sekolah SDN Kanreapia Oleh Bapak Baharuddin, S.Pd.I., M.Si, Sebagai kepala sekolah berupaya memimpin sekolah dengan tiga prinsip kerja yaitu :

1. Kerja keras
2. Kerja cerdas
3. Kerja ikhlas.

Kami berupaya untuk menciptakan sekolah moderen yang bernuansa religius, yang salah satu indikator sekolah modern adalah kedisiplinan, jam 7.15. Siswa dan guru sdh hrs di kelas, yaitu penerapan literasi dan pembiasaan dengan membaca surah surah pendek dan doa doa harian sampai jam 7.30.

Pada hari Jum'at ada Jum'at Ibadah.
Sebelum bapak bupati Gowa mencanangkan Jum'at ibadah, alhamdulillah kami sdh laksanakan, setiap hari Jum'at guru dan siswa wajib mengikuti Shalat Dhuha berjamaah dirangkaikan dengan pembacaan ayat suci Alqur'an dan ceramah agama oleh siswa siswi yang sudah dilatih oleh guru agama.
Semoga semua upaya yang kami lakukan untuk kemajuan pendidikan dapat bernilai ibadah dan jariyah dari Allah SWT., Aamiin. Ungkapnya.

Nilai - nilai tersebut juga merupakan konsep - konsep dari Rumah Koran menjadikan nilai - nilai berpendidikan mampu tertanam di dalam peserta didik dan akhirnya Gerakan Literasi akan terwujud.

#Jamaluddin Dg Abu