RUMAH KORAN

PENDIDIKAN



Rumah Koran-wadah Belajar Bagi Petani menjadi gerakan untuk mengajak petani untuk cerdas dan Gemar membaca, hal itu didengar dan di lirik oleh Astra. Lirikan ini menjadi jalan terang membuat nama Rumah Koran dikenal secara luas. PT Astra International Tbk mempunyai program Satu Indonesia Awards yakni mencari Lilin - Lilin Bangsa yang telah berbuat tanpa pamrih di daerahnya. Kegiatan - kegiatan Rumah Koran ternyata di anggap bagian dari penerang bangsa, yakni Gerakan Cerdas Anak Petani Menghapuskan Buta Aksara.


Satu Indonesia Awards 2017 juga menjadi pintu rejeki dan anugrah dimana setelah penghargaan Astra akhirnya menyusul beberapa penghargaan lain. Hal ini menjadi satu kesyukuran dan rasa bangga perjuangan selama ini bersama teman-teman di Desa tidaklah sia - sia. Terima Kasih Astra.



Basis Gerakan yang di pusatkan di Desa Kanreapia kini telah muncul di permukaan, pemuda - pemuda desa telah melangkah membuktikan bahwa pemuda desa harus mampu lahir sebagai generasi yang peka dan peduli terhadap kampung halaman mereka. Tepat pada hari peringatan Sumpah Pemuda tingkat Kabupaten Gowa ada tiga Pemuda di Kabupaten Gowa dengan asal kecamatan yang berbeda menerima penghargaan dari Bupati Gowa. Penghargaan ini menandakan bahwa pintu - pintu rezeki itu selalu terbuka untuk kita yang mau berusaha dan berbuat untuk daerah kita masing - masing. Ajakan - ajakan Kebaikan yang kita suarakan akan menghasilkan hasil yang tidak pernah di sangka - sangka, kita bisa karena kita punya kemauan untuk bermanfaat, untuk orang lain dan lingkungan kita, slogannya bahwa kami berkarya dari Desa Untuk Indonesia dari Gowa untuk Indonesia.


Desa Wisata, Kampung Organik dan Kampung Literasi, adalah tiga Program inti yang selalu di bisikkan dan di teriakkan oleh Rumah Koran, bahwa Desa harus berdaya dan mandiri serta punya ciri khas dengan gerakan yang mampu melahirkan produk desa dengan ciri khas sendiri, maka lahirlah Go Organik yakni Kampung Organik. Program ini mampu menjadi daya tarik untuk Desa Kanreapia dan desa tetangga sehingga setiap waktu lokasi percontohan pertanian organik selalu di kunjungi baik dari pihak kampus, hotel, komunitas maupun pemerintah untuk melakukan kegiatan dan study pertanian.

Secara Sepintas tidak ada yang menarik tetapi berbicara kesehatan ini sangat penting menjadi perhatian semua pihak. Kesehatan adalah harta yang sangat berharga sehingga nilai - nilai yang harus sama - sama di pahami adalah dari kita untuk kita. Bahwa petani adalah penghasil pangan sehingga Pertanian Organik adalah solusinya, program inilah yang telah membawa Rumah Koran mampu mengikuti Kompetisi Citi Microentrepreneurship Awards sebuah ajang Kompetisi yang bergensi karena di terselenggara di 30 negara setiap tahun yang di adakan oleh Citi Bank. 

Edukasinya adalah petani harus mampu memahami dan menyadari keselamatan kerja mereka dan mampu berkontribusi menghasilkan pangan yang sehat bagi konsumen masyarakat yang tinggal dikota dan Komunitas harus punya usaha agar keberlanjutan program bisa terus bisa berjalan.

Gerakan - Gerakan Cerdas Anak Petani harus setiap waktu di evaluasi dan harus terus melahirkan inovasi agar mengalami perubahan yang lebih baik, agar nilai dan tolak ukur menjadi meningkat. Naik Kelas adalah kata yang harus tertanam didalam diri kita semua, sama halnya Rumah Koran harus terus mengalami perubahan yang lebih baik. Belajar di Sungai, baca buku di Sungai dan menjaga kebersihan Sungai adalah nilai yang telah membuat Rumah Koran Naik Kelas menjadi Komunitas Peduli Sungai terbaik tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. KPS Tanggara adalah nama yang telah melekat kepada para pejuang - pejuang sungai bahwa sungai bukan tempat sampah tetapi Sungai adalah Tempat Anak Petani Baca Buku. Lagi - Lagi Astra menjadi sumber Inspirasi bahwa Lilin - Lilin Bangsa bisa lahir dan tumbuh dari daerah terpencil sekalipun. 



Tak Kalah hebatnya jika Sebuah Gerakan di anggap inovasi, Gerakan Cerdas Anak Petani itulah gerakannya menjadi salah satu inovasi di ajang luar biasa Himpunan Kerukunan Tani Indonesia, HKTI Innovation Awards, ternyata tidak selamanya inovasi adalah produk, tetapi konsep Gerakan bisa menjadi inovasi. HKTI Innovasion Awards mempertemukan Rumah Koran dan Pejabat Petinggi - Petinggi Astra di Istana Negara, Astra memang selalu di hati.



Berada dalam daftar orang - orang hebat dulunya tidak pernah terfikirkan kami berkarya dan mengerjakan apa yang bisa kami kerjakan, terus berjalan mengikuti alur kehidupan. Siang berganti malam dan begitu sebaliknya malam kembali Siang, Gerakan Cerdas Anak Petani adalah semangat yang berkobar untuk menerangi kehidupan pedesaan agar menjadi desa yang terbebas dari buta aksara dan putus sekolah bagi penduduknya. Hal ini menjadi jalan untuk masuk menjadi salah satu Nomine Frans Seda Awards.


Peduli Pendidikan Banget itulah yang di raih oleh Rumah Koran pada ajang Millennials Berkarya di Gresik Jawa Timur, lagi - lagi gerakan cerdas anak petani Rumah Koran menjadi satu langkah untuk membebaskan masyarakat petani untuk keluar dari penjajahan kebodohan karena kami yakin pendidikan adalah investasi yang sangat berharga, merupakan investasi masa depan.



Setelah Menjadi Komunitas Peduli Sungai Terbaik Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan kembali di hari bakti PU Rumah Koran atau akrab di Kenal sebagai KPS Tanggara menjadi Juara terbaik 3 Nasional dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, penghargaan ini juga menjadi jalan bahwa bekerjalah dengan hati dan kolaborasi adalah pondasi yang kuat untuk meraih hasil.



Kampungku tempatku dilahirkan dan dibesarkan sudah selayaknya kami mengabdi untuk kampung kami tercinta, berbuat dengan kemampuan yang di miliki tanpa harus menunggu imbalan karena kadang rahasia Sang Pencipta menanti hal yang tak terduga seperti di akhir tahun 2018, Rumah Koran kembali meraih Penghargaan atas peran aktif dan dukungan mensukseskan kegiatan Ayo Gowa Bersih dan kegiatan peduli Gowa 2018 (Peduli Gowa Awards). 




Inilah Daftar Penghargaan Rumah Koran 2017 - 2018
1.Satu Indonesia Awards 2017
2.Penghargaan Bupati Gowa 2017
3.Finalis Nasional CMA Awards 2018  
4.KPS Terbaik Sulawesi Selatan 2018
5.HKTI Innovation Awards 2018
6.Nomine Frans Seda Awards 2018
7.Millennials Berkarya 2018
8.KPS Terbaik Ke 3 Nasional Kementrian PUPR 2018
9.Peduli Gowa Awards 2018
Semoga Tulisan ini bisa menjadi semangat untuk kita semua, pemuda desa harus bangkit dan berkarya memajukan desanya, dari desa Untuk Indonesia dari RUMAH KORAN untuk Petani Indonesia. 
Terima Kasih Astra, engkau telah membuka pintu Rezeki untuk Rumah Koran dan kami akan selalu mengikuti 4 Pilar Astra, akan kami padukan selalu dalam gerakan Rumah Koran, yakni Peduli Terhadap Lingkungan, Pendidkan, Kesehatan dan Kewirausahaan

Tak Lupa juga kasih ucapkan banyak Terima Kasih Kepada Semua Pihak yang tak henti memberikan dukungan kepada Rumah Koran, sehingga Rumah Koran bisa berjalan hingga saat ini. Rangkuman Penghargaan ini kami persembahkan kepada kita semua dan Semoga Tahun 2019 Rumah Koran semakin maju. Amin