Tingginya kebutuhan sayuran dan Ketersediaan pangan serta konsumsi bagi warga terdampak covid19 dimakassar,menggugah hati banyak pihak.
Dimakassar sulawesi selatan, para petani dari kampung sayur kabupaten gowa berbagi sayuran ke posko dapur umum brimob polda sulsel Jumat 08/05/2020.
Aksi ini merupakan bentuk kepedulian para Petani sayur terhadap garda terdepan yang menangani Covid 19 yang melanda dunia dan Indonesia saat ini.




Sayur segar yang di sumbangkan berasal dari para petani yang ada di Kampung Sayur  yang berasal dari beberapa Desa di Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa
Para petani merasa terpanggil dan ingin ikut serta berpartisipasi membantu beban masyarakat yang ada di kota.

Sayur sayur Segar, Seperti Kol, Sawi, Wortel, Daun Bawang, Tomat, Buncis, Wortel, Labu Siam, Kentang, Daun Seledri, dan Labu Kuning yang telah sampai di Dapur Umum Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan ini nantinya akan di olah atau dimasak kemudian akan kembali di bagikan kepada masyarakat yang terkena dampak covid 19.


Jamaluddin Dg Abu Founder Rumah Koran mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian para petani terhadap dampak covid 19, olehnya itu Rumah Koran bersama Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan menjalin kerja sama untuk menjemput sumbangan sayur – sayur para petani yang ingin menyumbang
Kami mengajak para petani untuk ikut berpartisipasi membantu beban saudara – saudara kita yang ada di kota Makassar, dan sekitarnya, melalui sedekah sayur segar, kami fasilitasi mereka dengan menentukan titik kumpul penyaluran sedekah Sayur Segar yaitu di Rumah Koran. Para petani menentukan sendiri berapa banyak yang ingin di sumbangkan, bisa satu kantong, dua kantong, satu petani tidak mesti banyak karena jika sudah terkumpul dari banyak petani bisa menjadi satu mobil pic up.



Penyaluran Sedekah sayur segar ini juga kami permudah dengan menjemput sayur – sayur   mereka di rumah atau di kebun mereka masing – masing, kami dari komunitas Rumah Koran didukung oleh Satuan Brimob Polda Sulsel bersama – sama menjemput sumbangan  sayur para petani tersebut, sehingga semuanya mudah dan bisa tersalurkan.
Jamaluddin Dg Abu yang juga tergabung kedalam barisan Petani Muda sulsel mengatakan bahwa kegiatan ini bisa menggambarkan bahwa para petani di Indonesia masih terus produktif selama covid 19, dan menggambarkan bahwa stok pangan kita selalu aman, karena ketahanan pangan selama covid 19 dan pasca covid 19 adalah hal yang sangan penting.



Jamaluddin Dg Abu juga Menyampaikan Ucapan Terima Kasih Kepada Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel, yang telah memfasilitasi Rumah Koran dan Para Petani sehingga penyaluran sayur segar dari petani dapat tersalurkan dengan baik.

Sedangkan menurut Ipda Purwanto Anggota kesatuan Brimob Polda Sulsel mengatakan bahwa Kegiatan ini  merupakan Edukasi untuk kita semua bahwa berpartisipasi atau menyumbang bisa berupa apa saja, ini menggambarkan bahwa menyumbang itu tidak mesti selamanya berupa uang tetapi bisa melalui Sayur Segar.

"Saya melihat keikhlasan para petani saat saya menjemput sayur segar tersebut di Kampung Sayur Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa, Ini menjadi contoh yang patut kita apresiasi dan di tiru, dalam melawan covid 19, saya salut kepada petani – petani yang ada di Kampung Sayur, semoga kedepan kegiatan ini bisa berkelanjutan, dan di tiru oleh petani - petani lain yang ada di Indonesia,ungkap ipda Purwanto pada kompas.tv . 

Madi, salah Satu Petani yang ada di Desa Mamampang, juga merasa senang bisa menyumbangkan sayur Labu siamnya, "kami petani biasanya merasa sulit menyumbang walaupun kita mempunyai keinginan menyumbang, tetapi Alhamdulillah sekarang berkat hadirnya Rumah Koran yang di fasilitasi Satuan Brimob Polda Sulsel kami bisa berbagi sayur segar kepada saudara–saudara kita yang membutuhkan", tutupnya.

Sumber : Kompas TV