RUMAH KORAN

PENDIDIKAN




WartaTani.co – Program berbagi Sayur oleh petani Sayur di dataran Tinggi Kabupaten Gowa, kecamatan Tombolo Pao dan Kecamatan tinggimoncong telah berjalan sejak bulan Ramadhan lalu.

Di inisiasi oleh Rumah Koran dan Kesatuan Brimob Polda Sulawesi Selatan. Rumah Koran sebagai Komunitas yang bergerak sebagai Pustaka Tani dan gerakan cerdas anak petani, sebagai bentuk kepedulian para petani terhadap kebutuhan pangan dan sayur mayur di tegah covid 19.


Sedangkan Kesatuan Brimob Polda Sulsel sebagai penjemput, hingga ke rumah – rumah petani di Kampung Sayur Kabupaten Gowa, untuk selanjutnya di bawa ke Dapur Umum Kesatuan Brimob Polda Sulsel, untuk di masak dan kembali di bagikan ke Masyarakat Kota yang terdampak covid 19.

Tidak sampai disitu program berbagi sayur oleh petani dan Polri Menjemput terus berkembang dan di ikuti oleh beberapa dapur umum Polres yang ada di Sulawesi Selatan untuk kemudian ikut memfasilitasi petani yang ingin menyumbangkan sayurnya untuk di jemput dan juga di bawa ke Dapur umum mereka.

Program ini, hingga saat ini masih terus berjalan, sayur – sayur tersebut telah distribusikan kebeberapa dapur Umum Polri, desa – desa Yang terisolasi dan warga kota Makassar yang terdampak Covid 19.

Sayur – sayur yang berhasil disumbangkan merupakan hasil partisipasi para pedagang dan petani sayur di dua kecamatan di dataran Tinggi kabupaten Gowa, Adapun jenis – jenis sayur yang berhasil disumbangkan oleh petani dan pedagang sayur seperti Kol, Sawi, Daun Bawang, Tomat, Labu Siam, Daun seledri, Kentang, Labu Kuning, Wortel.

Hingga saat ini telah terhitung 10 ton sayur mayur yang berhasil di distribusikan ke beberapa kabupaten seperti Kabupaten Sinjai, Kabupaten Takalar, Sungguminasa Kabupaten Gowa, Kota Palopo, dan Kota Makassar.

Jamaluddin S.Pd MM, sebagai Koordinator Petani Memberi Sayur Segar, ke dapur umum TNI Polri dan Desa yang terisolasi mengatakan bahwa program ini merupakan bentuk kepedulian para petani sayur kepada saudara – saudara kita yang membutuhkan dan kenapa Harus petani Memberi karena selama Covid 19 para petani di tempat kami masih produktif dan terus mengelola pertanian dan menghasilkan sayur mayur yang melimpah.

Dari sinilah kami mencoba melakukan koordinasi dan mengajak petani dan Pedagang Sayur untuk menyumbang sayur dan alhamdulillah antusiasme mereka sangat besar.

Sehingga dari beberapa kali pengumpulan sayur yang telah berhasil di distribusikan ke beberapa dapur umum Polri dan desa yang terisolasi telah tercatat Puluhan Ton yang telah berhasil terkumpul dan disumbangkan.

Sedangkan Ipda Purwanto mewakili Kesatuan Brimob Polda Sulsel merasa senang karena mampu hadir di tegah – tengah covid 19, yaitu dengan menjadi fasilitator, dengan menjemput sayur – sayur petani hingga akhirnya sampai di dapur umum Kesatuan Brimob Polda Sulsel dan ternyata berkembang hingga akhirnya di ikuti oleh dapur umum polres lain, yang juga ikut menjemput sayur sumbangan petani di kampung sayur.

Hal tersebut perlu di syukuri dan kami akan terus memberikan dukungan ke petani agar niat baiknya menyalurkan bantuan sayur mayur ke masyarakat yang terdampak covid 19


Sumber :

https://www.wartatani.co/4444/tani/hebat-program-rumah-koran-dan-brimob-tembus-10-ton-sayur-berhasil-di-sumbangkan-ke-masyarakat-terdampak-covid-19/