Komandan Satbrimob Polda Sulsel Berikan Penghargaan kepada Founder Rumah Koran

Gowa, Villagerspost.com – Jamaluddin Daeng Abu, petani penggerak literasi dari Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolo Pao, Gowa, Sulawesi Selatan, menerima penghargaan dari Korps Brigade Mobil (Brimob) dari Satuan Brimob Polda Sulsel. Penghargaan itu diserahkan tepat pada peringatan Hari Ulang Tahun Brimob ke-77, Senin (14/11).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel, Komisaris Besar Polisi Heru Novianto S.I.K., M.Han, di di Aula Mampaoddang Mapolda Sulawesi Selatan. Heru mengatakan, Jamaluddin yang juga merupakan local champion Kampung Berseri Astra Kanreapia dan Ketua Rumah Koran dinilai sebagai penggerak pertanian di desa Kanreapia yang mampu membawa desa Kanreapia menjadi Kampung Iklim Lestari oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI tahun 2022. Penghargaan itu merupakan penghargaan tertinggi kategori Kampung Iklim oleh KLHK.




“Jamaluddin merupakan putra desa Kanreapia, telah konsisten mengembangkan pertanian organik bersama–sama dengan petani lainnya di desa Kanreapia atau Kampung Berseri Astra Kanreapia, masyarakat petani, di bawah binaan Satbrimob Polda Sulawesi Selatan,” ujar Heru.

“Petani Kanreapia aktif melakukan pertanian organik, aksi bertani organik menjadi gerakan yang aktif dan mampu menyeluruh kepada lapisan masyarakat petani, karena program Satbrimob Polda Sulsel adalah berbagi pupuk organik Bio Teratai secara gratis kepada petani Kanreapia,” tambahnya.

Tak tanggung–tanggung program berbagi pupuk organik pun dilakukan, yakni berbagi 1000 pupuk organik “Bio Teratai” hasil kreasi salah satu anggota Satbrimob Polda Sulsel, Ipda Purwanto. Pupuk organik cair itu diserahkan kepada petani sayur di Kanreapia, dengan tujuan agar para petani bisa langsung menggunakan pupuk organik, dan agar petani memiliki stok pupuk organik

“Selain pertanian organik, ada juga gerakan sedekah sayur, yaitu gerakan berbagi sayur kepada 100 Panti Asuhan di Sulawesi Selatan,” jelas Heru.




Jamaluddin mengatakan, penghargaan yang di terimanya, adalah buah dari kebersamaan membangun pertanian dan pedesaan, penghargaan ini berkat dukungan banyak pihak. “Baik tokoh masyarakat Kanreapia, Pemerintah Kecamatan Tombolo Pao, Kepala UPT Balai Penyuluhan Pertanian Kanreapia, teman–teman relawan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Pemerintah Kabupaten Gowa, Bapak Bupati dan wakil Bupati Gowa, bapak Ketua DPRD Kabupaten Gowa, dan PT Astra International Tbk dan banyak pihak yang terlibat lainnya,” urai Jamal.

“Antusias kami sebagai petani begitu besar untuk mengembangkan pertanian organik dan itu berkat motivasi dan dampingan dari Satbrimob Polda Sulawesi Selatan,” tambahnya.

“Oleh karena itu melalui kesempatan yang bahagia ini, saya mewakili petani–petani Kanreapia dan Tombolo Pao mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Kombes Heru Novianto, S,I,K., M, Han sebagai Komandan Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan, bapak Wadansat Brimob Polda Sulsel, bapak AKBP Fajar Dani Susanto S.I.K.,M.H., Bapak Danyon A Pelopor AKBP Sapari S.sos dan Bapak Ipda Purwanto yang telah menjadikan kampung kami sebagai kampung binaan sehingga melahirkan identitas sebagai Kampung Sayur, dan membawa perubahan dan kemajuan Kampung dan pertanian Kami,” kata Jamal.

“Terima Kasih Koprs Brimob Polri, selamat Hari Ulang Tahun Koprs Brimob Polri yang ke 77 Tahun semoga Korps Brimob Polri semakin sukses dan jaya selalu,” pungkas Jamaluddin.

Sumber : Villagers Post

https://villagerspost.com/todays-feature/jamaluddin-petani-penggerak-literasi-desa-diganjar-penghargaan-di-hut-brimob/

0 Komentar