Komunitas Rumah Koran punya cara terpuji memadukan gerakan literasi dan semangat berbagi. Komunitas yang didirikan oleh Jamaluddin, S.Pd, MM ini, sejak tahun 2020, sudah membagikan lebih dari 100 ton sayur ke sejumlah panti asuhan di Makassar, Gowa, Takalar, dan Maros.


Dalam bulan Desember 2022 ini saja, sudah empat panti asuhan yang disambangi untuk diberi sayur-sayuran yang merupakan hasil pertanian dari Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa. Salah satu di antaranya, Panti Asuhan Jabal Rahmah di Jalan Aroepala, Makassar. Sedekah sayur untuk panti asuhan ini diantarkan langsung oleh Jamaluddin, pada Kamis, 15 Desember 2022.

“Program sedekah sayur ini dilakukan sejak masa pandemi Covid-19. Ini merupakan Gerakan Petani Literasi Berbagi Sayur Kepada Panti Asuhan,” terang lelaki yang akrab disapa Jamal itu.


Tujuan gerakan ini, lanjutnya, untuk menumbuhkan petani dermawan. Sayur-sayuran yang disalurkan itu merupakan sumbangan dari para petani di Kanreapia. Diharapkan, para petani akan menjadi petani literasi yang bukan saja mampu mengembangkan budi daya tapi juga pemasaran, terutama berbasis digital.

Sejauh ini sudah lebih 100 panti asuhan yang mendapat bantuan, rata-rata sudah diberi dua kali atau lebih. Khusus Panti Asuhan Jabal Rahmah, sudah diberi bantuan sayur sebanyak tiga kali. Jenis sayur yang dibagikan itu tergantung musim. Petani Desa Kanreapia, banyak menghasilkan sayuran berupa wortel, sawi, seledri, daun bawang, kentang dan lain-lain.

Nurul Qolbi, pengurus Panti Asuhan Jabal Rahmah menerima donasi sayuran dari para petani Desa Kanreapia itu. Disampaikan bahwa panti asuhan itu berdiri hampir 10 tahun. Ada 50 anak yang diasuh, dengan usia 5 bulan paling kecil, sedangkan yang besar berumur 17 tahun, atau duduk di kelas 3 SMA.


Ibu berusia 25 tahun itu, juga tinggal di panti asuhan bersama dua anaknya, Jihan, 5 tahun, dan Jasmin, 2 tahun. Mereka berbaur dengan anak-anak panti, yang bersekolah di SD, SMP, dan SMA, Anak-anak itu berasal dari Jeneponto, Bulukumba, Bantaeng , Bone dan Flores.

Qalbi, menyampaikan bahwa kegiatan di pantinya antara lain, latihan menari, dengan guru menari yang dibayar oleh donatur. Kegiatan lain adalah mengaji, diajar oleh kakak-kakaknya yang sudah tamat. Mereka juga menghapal surat-surat pendek, dan yasinan pada malam Senin dan malam Jumat.

Bantuan yang pernah diperoleh Panti Asuhan Jabal Rahmah berupa sembako dan uang. Mereka punya donatur tetap, yang membiayai kursus komputer, bahasa Inggris dan kegiatan lainnya. Disampaikan bahwa bantuan berupa sayur-sayuran itu sangat bermanfaat untuk konsumsi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan

 Sumber :

https://nusantarachannel.co/petani-dermawan-dari-desa-kanreapia-kabupaten-gowa/

0 Komentar