Program YESS atau Youth Enterpreneurship and Employment Support Services merupakan proyek pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan generasi muda di sektor pertanian yang didanai oleh IFAD, dan akan menjadi model untuk pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan generasi muda di sektor pertanian di negara-negara anggota IFAD.

Program YESS dilaksanakan sebagai proyek percontohan pengembangan gererasi muda dan regenerasi petani di perdesaan melalui penyediaan fasilitas dan bimbingan kepada generasi muda (laki-laki dan perempuan) di perdesaan untuk menjadi wirausahawan atau tenaga kerja yang profesional di sektor pertanian.

Kegiatan Program YESS dilaksanakan di empat provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan.

Di Sulawesi Selatan, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa ditetapkan sebagai Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten yang menjadi wilayah PPIU Sulsel meliputi Kabupaten Maros, Kabupaten Bone, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Bantaeng dan  Kabupaten Gowa

YESS Programme dirancang untuk menghasilkan wirausahawan muda pedesaan serta menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian. Melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Service (YESS), Kementerian Pertanian menciptakan wirausaha milenial yang tangguh dan berkualitas. 

Inilah saatnya generasi muda Kabupaten Gowa menjadikan pertanian maju, mandiri, modern. Mengingat Kabupaten Gowa memiliki potensi pertanian dan UMKM yang memadai, pas dengan program Yess, dimana YESS Programme dirancang untuk menghasilkan wirausahawan muda pedesaan serta menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian.

 

                                           (Bersama Project Manager YESS PPIU Sulsel)
 

Melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Service (YESS), Kementerian Pertanian menciptakan wirausaha milenial yang tangguh dan berkualitas.

Program ini ditujukan bagi para pemuda, khususnya di wilayah pedesaan, untuk mengembangkan perekonomian melalui kewirausahaan dan menambah peluang kerja. Melalui program ini petani – petani milenial Kabupaten Gowa menyambut baik program ini, mereka siap berkontribusi dalam mensukseskan program Yess di Kabupaten Gowa.

 

                           (Koordinasi Program Yess Bersama Kadis TPH dan DIT Kab.Gowa)
 

Berikut Tujuan Yess…

Program YESS merupakan proyek pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan generasi muda di sektor pertanian yang didanai oleh IFAD, yang diharapkan akan menjadi model untuk pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan generasi muda di sektor pertanian di negara-negara anggota IFAD, termasuk Indonesia.

 


Fokus utama dari program YESS ialah peningkatan kualitas petani muda di pedesaan,
mengembangkan wirausaha muda serta memberikan akses permodalan. Selain itu program YESS terdiri dari pelatihan model bisnis, pelatihan motivasi dalam berbisnis, program magang, pelatihan peningkatan manajemen bisnis serta pelatihan dalam hal keuangan.

Mari Berkontribusi dalam Program YESS di Kabupaten Gowa. Pokoknya akan banyak manfaatnya setelah kita bergabung di Program ini.

 Info Lebih Lanjut kunjungi :

https://yessppiusulsel.id/

 


0 Komentar